Arabic study program students welcome World Arabic Day

18 Desember merupakan salah satu momen berharga bagi seluruh pengguna Bahasa Arab di dunia. Pasalnya tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia dan Desember 2019 ini menjadi perayaan yang ke-46. Berbagai kegiatan pun dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan perayaan untuk Bahasa Arab. Arabisme Institute selaku lembaga Bahasa Arab berbasis rumah belajar pun tak mau ketinggalan momen tersebut. Sebagai bentuk apresiasi terhadap Hari Bahasa Arab Sedunia, Arabisme menggelar kegiatan Arabic Fun Day yang telah dilaksanakan pada Ahad, 8 Desember 2019 di sekitar Area Ipteks Universitas Hasanuddin.

Awalnya Arabic Fun Day direncanakan akan dilangsungkan pada Ahad, 15 Desember 2019. Hanya saja atas beberapa pertimbangan akhirnya dipercepat satu pekan. Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk follow up terhadap penguasaan Bahasa Arab peserta kelas bimbingan yang diadakan selama enam bulan terakhir, tetapi dikemas dalam bentuk yang lebih menyenangkan. Lalu secara kebetulan nyaris bertepatan dengan peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia.

Seluruh rangkaian dalam kegiatan Arabic Fun Day pun hanya berupa games dan icebreaking yang telah diatur sedemikian rupa untuk memaksimalkan kemampuan peserta kelas bimbingan. Poin yang perlu digaris bawahi di sini sebagai standar adalah empat kecakapan berbahasa; mendengar, berbicara, menulis, dan membaca. Beberapa games yang diadakan antara lain tebak gaya, man ana, dan puzzle Bahasa Arab.

Arabisme Institute sendiri mempunyai pesan yang ingin disampaikan dalam kegiatan yang sekaligus menjadi perayaan menyambut Hari Bahasa Arab Sedunia tersebut. Pertama bahwa untuk belajar berbahasa harus dilakukan atas dasar sukarela tanpa tekanan dari luar, itulah mengapa peserta dibuat senyaman mungkin dengan melangsungkan kegiatan secara outdoor dan hanya berupa games. Ide ini cukup berhasil melihat bagaimana antusiasme seluruh peserta dalam mengikuti rangkaian Arabic Fun Day.

Kedua, kecakapan berbahasa haruslah merupakan perpaduan antara keempat unsur yang telah disebutkan sebelumnya. Jika salah satunya hilang, maka kemampuan berbahasa belum bisa dianggap baik. Hal ini juga sekaligus menjadi PR yang paling besar bagi seluruh pihak yang belajar bahasa. Makanya Arabisme terus berusaha secara optimal dalam menerapkan keempat unsur tersebut. Tutur Mudir (Rektor) Arabisme Institute, Awal Wahyudi yang juga merupakan alumni sastra Arab Unhas dan jebolan Markazu Lughat Kuwait University ini.

Sehubungan dengan peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia kali ini, Arabisme berharap bahwa pengguna Bahasa Arab di dunia dapat terus mengalami peningkatan baik dari segi kualitas dan kuantitas. Begitupun dengan wadah yang dapat memfasilitasi para pengguna Bahasa Arab untuk belajar semoga bisa lebih banyak daripada saat ini yang boleh dibilang masih sangatlah minim.

Selamat hari Bahasa Arab sedunia !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *